saç protezi rolex replika saat Kalo Puasanya Pak Jokowi, Puasa Ular Apa Puasa Ulat…?? – AriSaptono

Kalo Puasanya Pak Jokowi, Puasa Ular Apa Puasa Ulat…??

Tak terasa ibadah puasa Ramadhan telah memasuki hari ke-12. Hasil observasiku sampe dengan hari ke-12 ini, sepertinya orang-orang yang berpuasa santai-santai saja dan menikmati puasanya. Aktifitas juga tetap berlangsung padat, jalan-jalan juga tetep macet. Mungkin karena adanya efek “cakung”, ini bahasa kekinian, yang artinya cuaca mendukung hehehe..

Puasa tahun ini meskipun telah masuk musim panas, langit terlihat selalu redup karena mendung. Sehari-hari Cuaca adem sejuk-sejuk sedap gitu, panasnya tidak seperti tahun-tahun lalu. Tak heran kalo kini berpuasa berasanya biasa saja. Tentu saja faktor utama yang bikin kita nyaman puasa, bukan cuma cuaca sejuk aja sih. Kita puasa karena Allah, dengan demikian puasa kita ikhlas. Makanya kita berpuasa berasanya biasa.

Demikian juga dengan anak-anakku. So far, aku lihat mereka sangat enjoy dengan puasanya. “Pah, puasanya mau seperti Puasa Ular apa Puasa Ulat…?” tanya anak sulungku pas lagi sahur sambil senyum. “Maksudnya…?” tanyaku balik. “Papah tahukan, Ular suka makan hewan ternak… kelinci, kambing, sapi. Gitu kan…?” kata sulungku. “Yuup…” jawabku.

Ular usai melalui masa tertentu, dia akan puasa, berdiam diri dan tidak makan sampe ganti kulit. Setelahnya, meskipun telah berganti kulit, dia tetap sebagai Ular. Masih suka makan hewan ternak, tak ada yang berubah darinya. Itulah Puasa ala Ular, yaitu sebelum dan sesudah Puasa, kelakuannya tetap sama tidak ada yang berubah, hanya berganti kulitnya saja.

Kalo Ulat itu mengganggu, karena selain merusak daun-daun, tubuhnya bikin kulit kita gatal dan perih. Pada masa tertentu, tibalah Ulat berpuasa, tidak makan dan berbentuk kempompong, setelahnya ia menjadi kupu-kupu berwarna indah. Tak hanya itu, saat dia hinggap di bunga, kaki kupu-kupu membawa serbuk sari dan ia jatuhkan pada putik bunga lain atau biasa disebut penyerbukan, maka terjadilah pembuahan. Itulah Puasa ala Ulat, yaitu; Setelah puasa, Ulat berubah signifikan dibanding Sebelum Puasa. Selain bentuk nya yang berubah indah, perbuatannya pun berubah jadi bermafaat bagi yang lain.

Hhmm, bener banget. Apa yang berubah setelah aku menjalani puasa Ramadhan? Pertanyaan sederhana dari anakku, dan aku tak mampu menjawabnya. “Rafi, kalo puasa kamu nanti seperti apa..?, tanyaku. “Semoga aku seperti Puasa Ulet, setelah Ramadhan berubah jadi lebih baik. Syukur-syukur bermanfaat bagi orang lain…” jawab sulungku mantab. “Aamiiiin…”, kataku meng-aminkan harapannya.

“Pah, kalo pak Jokowi itu, nanti puasanya seperti Puasa Ular apa Puasa Ulat yaa…?. Tiba-tiba sulungku bertanya seperti itu. Wahh, kaget juga aku mendengarnya, entah apa yang ada dibenaknya bertanya begitu. “Wuallahu alam…hanya Allah dan pak Jokowi yang tahu…”. Dah itu saja dah yang bisa aku jawab.

“Jika sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melipatgandakan kepada mereka berkah dari langit dan bumi,……………..” (QS. Ar-Raf, ayat 96)

#HappyRamadhan #SelfReminding #SelfMotivation #SelfInspiring

Please follow and like us:
0